Majelis Bentala Syuhada

MBS 11 Januari 2020 – Telaah Konsep dan Praktik Negara Teater Clifford Geertz

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh.

Institut Pemikiran Islam (IPI) Bentala dan Pendidikan Kader Masjid Syuhada (PKMS) mengundang saudara dan saudari menghadiri Majelis Bentala Syuhada (MBS) #11.

Pembicara: Ki Ashad Kusuma Djaya
Tema: Telaah Konsep dan Praktik Negara Teater Clifford Geertz
Waktu: Sabtu, 11 Januari 2020
Tempat: Aula Masjid Syuhada, Kota Baru, Yogyakarta.

Pengantar :
Beberapa sarjana, terutama Indonesianis, pernah mencari akar-akar kebudayaan yang membentuk gagasan dan perilaku politik Orde Baru. Ben Anderson, David Bourchier, dan Vedi R. Hadiz mengaitkannya dengan konsep keluarga Jawa, di mana ada sosok Bapak yang paling berpengaruh di dalam rumah. Pandangan lain melengkapi analisis ini dengan mengaitkannya pada konsep Negara Integralistik yang telah diusulkan dari Soepomo. Orde Baru mengambilnya, memberikannya pijakan kebudayaan, dan menjadikannya pembenaran bagi Militerisme.

Di zaman Reformasi ini, ketika demokratisasi bergulir ddi bawah bayang-bayang oligarki, pandangan tentang budaya politik di atas tapak tak relevan lagi. Kita perlu menengok penelitian lain dari Clifford Geertz tentang Negara Teater. Meski konteks penelitiannya adalah Bali abad 19, temuan Geertz relevan sampai sekarang untuk melihat budaya politik dari dua arah sekaligus: bagaimana seni peran dan pengisahan oleh negara tampil ke hadapan masyarakat, di saat negara mengonstruksi kebudayaan masyarakat untuk sekadar festival yang setara seni pertunjukan belaka.

Majelis Bentala Syuhada pekan ini mengundang penulis sosial-budaya, Ki Ashad Kusuma Djaya, untuk membahas gagasan Geertz tentang negara teater dan penerapannya dalam politik kebudayaan sekarang, termasuk di Jawa. Jika menelaahnya, kita menemukan bahwa kehadiran Dana Desa bahkan berkelindan dengan nativisasi budaya, meski masyarakat setempat telah lama melupakannya.

Acara ini terbuka untuk umum dan gratis.
_____

Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Instagram: @bentala.tamaddun.nusantara
> Facebook: Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Website: www.bentala.or.id
> Email: yayasan.bentala@gmail.com
> Narahubung: 082261016745 (Alam)

Dukungan bagi kegiatan ini melalui donasi dapat disalurkan ke rekening di bawah ini:

0853781775 BNI Syariah a.n Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara

Konfirmasi:
+62 852-3679-8989 (Arwyn)

Format:
Nama_domisili_tanggal transfer_nominal (lampirkan foto bukti transfer)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.