Majelis Bentala Syuhada

MBS 25 Januari 2020 – M.C. Ricklefs dan Historiografi Muslim Jawa Modern

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh.

Institut Pemikiran Islam (IPI) Bentala dan Pendidikan Kader Masjid Syuhada (PKMS) mengundang saudara dan saudari menghadiri Majelis Bentala Syuhada (MBS) #13.

Pembicara: Adif Fahrizal, M.A.
Tema: M.C. Ricklefs dan Historiografi Muslim Jawa Modern
Waktu: Sabtu, 25 Januari 2020
Tempat: Aula Masjid Syuhada, Kota Baru, Yogyakarta.

Pengantar:
Akhir tahun lalu, dunia Kajian Indonesia (Indonesian studies) kehilangan salah seorang pakarnya, Merle Calvin (M.C.) Ricklefs. Ia adalah salah satu Indonesianis paling berpengaruh beberapa dekade terakhir dalam bidang kajian sejarah Indonesia, khususnya Jawa. Bersama para sarjana yang sezaman dengannya seperti Peter Carey, Vincent Houben, Karel Steenbrink, dan Martin van Bruinessen, ia menjadi bagian generasi peneliti Barat pada paruh kedua abad ke-20 yang melihat Indonesia dari kacamata berbeda dengan generasi pendahulunya.

Bersama para koleganya itu, Ricklefs menyumbangkan perspektif baru tentang pengaruh Islam dalam sejarah dan pembentukan kebudayaan Nusantara. Para Indolog sebelum mereka kerap menganggap Islam yang berkembang di Nusantara berwajah sinkretik, mencampuradukkan Islam dengan kepercayaan dan praktik-praktik pra-Islam. Mereka juga menganggap Islam sebagai “lapisan tipis yang mudah terkelupas” dalam kebudayaan Nusantara khususnya Jawa. Akan tetapi melalui penelitian yang dilakukannya secara tekun selama puluhan tahun, Ricklefs menemukan bahwa pandangan para Indolog tersebut hanyalah asumsi belaka.

Tetapi, sejauh mana historigrafi yang ditawarkannya menjelaskan muslim di Jawa secara tepat? Majelis Bentala Syuhada pekan ini mengundang dosen sejarah IAIN Salatiga, Adif Fahrizal, M.A., untuk membahas sosok dan pokok pemikiran Ricklefs yang terlihat di dalam historiografinya. Adif menyelesaikan pendidikan bidang Ilmu Sejarah di Universitas Padjadjaran (sarjana) dan Universitas Gadjah Mada (magister).

Acara ini terbuka untuk umum dan gratis.
_____

Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Instagram: @bentala.tamaddun.nusantara
> Facebook: Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Website: www.bentala.or.id
> Email: yayasan.bentala@gmail.com
> Narahubung: 082261016745 (Alam)

Dukungan bagi kegiatan ini melalui donasi dapat disalurkan ke rekening di bawah ini:

0853781775 BNI Syariah a.n Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara

Konfirmasi:
+62 852-3679-8989 (Arwyn)

Format:
Nama_domisili_tanggal transfer_nominal (lampirkan foto bukti transfer)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.