Majelis Bentala Syuhada

MBS 14 Maret 2020 – Muhammad Imarah tentang Perang Terminologi Islam-Barat

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh.

Institut Pemikiran Islam (IPI) Bentala dan Pendidikan Kader Masjid Syuhada (PKMS) mengundang saudara dan saudari menghadiri Majelis Bentala Syuhada (MBS) #19.

Pembicara: Nuruddin Al Akbar, M.A.
Tema: Muhammad Imarah tentang Perang Terminologi Islam-Barat
Waktu: Sabtu, 14 Maret 2020
Tempat: Aula Utama Masjid Syuhada, Kotabaru, Yogyakarta.

Pengantar:
Sampai akhir hayatnya di awal tahun 2020 ini, Muhammad Imarah adalah tokoh yang konsisten dengan idealismenya. Ia berani memperjuangkan kemerdekaan akademik dari kooptasi negara yang semakin menguat pasca revolusi Arab (Arab spring). Dalam wasiatnya, Imarah berharap agar proyek intelektual yang telah dirintisnya dapat berkembang sedemikian rupa. Sebagai penghormatan pada wasiat sang intelektual, Bentala sebagai lembaga yang memiliki perhatian pada isu peradaban dan tradisi intelektualitas islam mencoba mengangkat kembali pemikiran-pemikiran kritis yang selama ini diperjuangkan oleh Imarah.

Pada diskusi kali ini, Majelis Bentala Syuhada kembi menghadirkan kandidat doktor Politik dan Pemerintahan UGM, Nuruddin Al Akbar, untuk membedah salah satu karya Imarah yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia (oleh penerbit Robbani Press) berjudul “Perang Terminologi Islam versus Barat”. Buku ini menandai keseriusan Imarah dalam menggeluti proyek dekolonisasi penegetahuan sebagaimana intelektual kritis Arab lainnya seperti Abdul Wahhab al Messiri dan Nasr Muhammad Arif. Imarah memberikan satu strategi khusus yang mesti dikembangkan dalam proyek dekolonisasi pengetahuan, yakni menginterogasi ulang terminologi-terminologi yang beredar luas di ruang publik kita. Baginya, tanpa proses telaah kritis terhadap terminologi-terminologi tersebut, kita mustahil membangun dialog yang sehat antara Barat dan dunia Islam. Kritisme terhadap terminologi-terminologi tersebut menjadi krusial dalam konteks mendekatkan kembali masyarakat muslim terhadap tradisinya sendiri.

Acara ini terbuka untuk umum dan gratis.
_____

Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Instagram: @bentala.tamaddun.nusantara
> Facebook: Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Website: www.bentala.or.id
> Email: yayasan.bentala@gmail.com
> Narahubung: 082261016745 (Alam)

Dukungan bagi kegiatan ini melalui donasi dapat disalurkan ke rekening di bawah ini:

0853781775 BNI Syariah a.n Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara

Konfirmasi:
+62 852-3679-8989 (Arwyn)

Format:
Nama_domisili_tanggal transfer_nominal (lampirkan foto bukti transfer)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.