Majelis Bentala Syuhada

MBS 07 Juni 2020 – Mencari Ruang Kehidupan Yang Beradab: Perspektif Arsitektur Islam

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh.

Institut Pemikiran Islam (IPI) Bentala dan Pendidikan Kader Masjid Syuhada (PKMS) mengundang saudara dan saudari menghadiri Majelis Bentala Syuhada (MBS) #20.

Pembicara: Andika Saputra, M.Sc.
Tema: Mencari Ruang Kehidupan Yang Beradab: Perspektif Arsitektur Islam
Waktu: Ahad, 7 Juni 2020

Disiarkan langsung melalui aplikasi Zoom, dengan pendaftaran di bit.ly/BentalaSyuhada

Pengantar:
Kota bukan sekadar wilayah geografis dengan status administratif tertentu. Ruang kehidupan kota merupakan cerminan dari pandangan-hidup warga kota, terutama terkait hal-hal yang bersinggungan langsung konsep manusia dan kehidupan. Hari ini, hampir di seluruh dunia, kita menyaksikan bahkan hidup di dalam kota modern dan kota posmodern, dengan ruang ekonomi sebagai pusat bagi vitalitas kehidupannya. Pelbagai unsur di dalam kota, baik penataan, pembangunan, kegiatan masyarakat, bahkan sampai kehidupan pribadi warga menjadi sekadar subordinasi dari ruang ekonomi tersebut.

Hal ini seharusnya mendapat perhatian kritis dari seorang muslim. Wajah dan kehidupan kota Islam merujuk pada model Madinah. Pemerintahan (dayyan), segala peraturan yang mengikat dan penghakimannya (daynunah), kegiatan masyarakat di dalamnya, termasuk perdagangan mereka (mudun/mada’in), yang semuanya itu bertujuan membangun kota (maddana), memiliki akar yang sama, yakni agama (Din). Dalam uraian Syed Muhammad Naquib Al-Attas, semua itu adalah cara individu di dalam kota tersebut membayar hutang (dana) eksistensinya kepada Allah. karena itu, suatu kota yang berdasarkan dan berorientasi Islam, semodern dan secanggih apapun, harus menjadikan Madinah sebagai rujukan utamanya, bukan sekadar suatu kota kapitalistis yang berorientasi ekonomi belaka, apalagi sampai menghasilkan krisis individual, moral, sosial, dan ekologis.

Majelis Bentala Syuhada pekan ini, yang dimulai kembali dengan ruang yang baru, yakni Zoom, mengundang saudara dan saudari untuk mendiskusikan tema ini bersama pemateri dari Program Studi Arsitektuk Universitas Muhammadiyah Surakarta, Andika Saputra, M.Sc.

Acara ini terbuka untuk umum dan gratis.
___

Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Instagram: @bentala.tamaddun.nusantara
> Facebook: Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Website: www.bentala.or.id
> Email: yayasan.bentala@gmail.com
> Narahubung: 082261016745 (Alam)

Dukungan bagi kegiatan ini melalui donasi dapat disalurkan ke rekening di bawah ini:

0853781775 BNI Syariah a.n Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara

Konfirmasi:
+62 852-3679-8989 (Arwyn)

Format:
Nama_domisili_tanggal transfer_nominal (lampirkan foto bukti transfer)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.