Majelis Bentala Syuhada

MBS 21 Juni 2020 – Membaca Geliat Kajian Pendidikan Islam di Akademia Barat

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh.

Institut Pemikiran Islam (IPI) Bentala dan Pendidikan Kader Masjid Syuhada (PKMS) mengundang saudara dan saudari menghadiri Majelis Bentala Syuhada (MBS) #22.

Tema: Membaca Geliat Kajian Pendidikan Islam di Akademia Barat

Pembicara: Ayub, S.Pd.I., M.A. (Direktur IPI Bentala)

Waktu: Ahad, 21 Juni 2020, pukul 20:00 – 22:00 WIB

Disiarkan langsung melalui aplikasi Zoom, dengan pendaftaran di bit.ly/BentalaSyuhada

Pengantar:
Kajian tentang Islam di akademia Barat dari dulu umumnya bertajuk Islamic Studies, dimana Islam dikaji dari berbagai perspektif dengan berbagai pendekatan. Terlepas dari berbagai pendekatan itu, konteks kajian-kajian ini adalah upaya Barat untuk memahami Islam sebagai fenomena eksternal. Namun seiring bertambahnya jumlah Muslim di Barat, dan munculnya identitas Muslim Eropa atau Muslim Amerika, muncul corak baru dalam meneliti Islam. Islam mulai dilihat sebagai persoalan internal. Salah satu hasil perubahan ini adalah munculnya kajian Islamic Education Studies, studi Pendidikan Islam yang biasanya digawangi oleh ilmuwan Muslim sendiri yang mengembangkan kajian ini dengan kesadaran penuh untuk ‘melayani’ komunitas Muslim dalam konteks kehidupan mereka di Barat (Eropa, Amerika, Australia).

Dalam kajiannya, para pelopor Islamic Education Studies ini tampak mengambil pijakan dari upaya-upaya terdahulu untuk merevitalisasi pendidikan Islam di dunia Islam, seperti yang ditandai dengan konfrensi internasional pendidikan Islam di Mekkah pada 1977. Salah satu ide yang menonjol dari konfrensi ini adalah konsep adab dan ta’dib al-Attas. Bagaimana para pengkaji Pendidikan Islam di Akademia Barat ini ‘memperlakukan’ ide-ide al-Attas? Apa gagasan-gagasan yang mereka tawarkan? Sebarapa relevan perkembangan ini bagi kajian pendidikan Islam di tanah air?

Majelis Bentala Syuhada pekan ini akan membahas tema di atas bersama Direktur IPI Bentala, Ayub, yang menyelesaikan pendidikan tinggi di Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM), Pendidikan Kader Ulama (PKU) Gontor, dan School of Oriental and African Studies, University of London.

Acara ini terbuka untuk umum dan gratis.
_____

Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Instagram: @bentala.tamaddun.nusantara
> Facebook: Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Website: www.bentala.or.id
> Email: yayasan.bentala@gmail.com
> Narahubung: 082261016745 (Alam)

Dukungan bagi kegiatan ini melalui donasi dapat disalurkan ke rekening di bawah ini:

0853781775 BNI Syariah a.n Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara

Konfirmasi:
+62 852-3679-8989 (Arwyn)

Format:
Nama_domisili_tanggal transfer_nominal (lampirkan foto bukti transfer)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.