MBS 07 Maret 2021 – Food Choice dan Persoalan Etika

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh.
Pesantren Mahasiswa Bentala Insan Adabi (PEMBINA) dan Pendidikan Kader Masjid Syuhada (PKMS) mengundang saudara dan saudari menghadiri Majelis Bentala Syuhada (MBS) #53.

Food Choice dan Persoalan Etika

Pemateri: Yogi Theo Rinaldi M.Phil.
(Pendiri Toko Buku Lubukata; Alumnus RZS CASIS; University Teknologi Malaysia)

Waktu: Ahad, 07 Maret 2021, Pukul 20:00 – 22:00 WIB

Disiarkan langsung lewat aplikasi Zoom Meeting
Pendaftaran: bit.ly/BentalaSyuhada

Pengantar:
Sadar atau tidak, terjadi mekanisme pertimbangan yang cukup kompleks dalam pikiran kita ketika memilih menu makanan apa yang ingin kita makan. Kebutuhan pangan tampak tidak lagi semata-mata menduduki kebutuhan primer manusia, tetapi juga meningkat ke tahap pemenuhan selera kesedapan (pleasure). Makan meningkat menjadi hobi. Keadaan ini semakin rumit ketika pertimbangan itu dipengaruhi oleh faktor-fsktor ideologis, kepentingan, industri, sampai algoritma iklan di sosial media.

Banyak sarjana di masa lalu menganalisis apa di balik fenomena food choice manusia, terutama mengenai tujuan di mana kebutuhan mendasar manusia ini disandarkan. Kita perlu meninjau kembali tujuan di balik kebutuhan dan aktivitas ini. Tujuan yang tidak jelas akan menyebabkan berbagai kerusakan yang bukan hanya di tingkat individu tetapi juga kebudayaan dan lingkungan. Di samping kerusakan di level lingkungan dan keanekaragaman hayati (biodiversity), implikasi filosofis terhadap persoalan etika dan moral juga akan timbul. Jadi, pada sebuah keputusan “Mau makan apa?”, terdapat satu pertimbangan filosofis dan keputusan moral. Isu-isu di seputar makanan juga menjadi satu penyebab kepada perkembangan ilmu pengetahuan di bidang nutrisi dan kedokteran.

Persoalan-persoakan di atas akan coba diuraikan dalam kerangka pandangan-alam Islam dan dengan menelusuri secara sepintas timbulnya ilmu perobatan (tibb) dalam khazanah keilmuan Islam yang dikaitkan dengan konteks prinsip-prinsip dasar agama (Maqāsid al-Sharī’ah).

Dalam Majelis Bentala Syuhada pekan ini, kami mengundang Alumnus RZS CASIS Universiti Teknologi Malaysia, Yogi Theo Rinaldi M.Phil., untuk menjelaskan lebih jauh mengenai Food Choice dan Persoalan Etika ini, beserta pelbagai contohnya yang kontekstual.

Acara ini terbuka untuk umum dan gratis.
___
Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Instagram: @bentala.tamaddun.nusantara
> Facebook: Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Website: www.bentala.or.id
> Email: yayasan.bentala@gmail.com
> Narahubung: 082261016745 (Alam)

Dukungan bagi kegiatan ini melalui donasi dapat disalurkan ke rekening di bawah ini:
0853781775 BNI Syariah a.n Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara

Konfirmasi:
+62 852-3679-8989 (Arwyn)

Format:
Nama_domisili_tanggal transfer_nominal (lampirkan foto bukti transfer)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.