Majelis Bentala Syuhada

MBS 14 Desember 2019 – Imam Syafi’i dan Peletakan Dasar-Dasar Epistemologi Islam

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Institut Pemikiran Islam (IPI) Bentala dan Pendidikan Kader Masjid Syuhada (PKMS) mengundang saudara dan saudari menghadiri Majelis Bentala Syuhada (MBS) #7.

Pembicara: Ayub, M.A.
Tema: Imam Syafi’i dan Dasar-Dasar Peletakan Epistemologi Islam
Waktu: Sabtu, 14 Desember 2019
Tempat: Aula Masjid Syuhada, Kota Baru-Yogyakarta

Pengantar:
Istilah”epistemologi Islam” tentu istilah modern, hasil pinjaman dari salah satu cabang penting di dalam khazanah Barat, yakni epistemologi yang berarti pembicaraan (logos) tentang pengetahuan (episteme). Epistemologi membicarakan sumber, hirarki, validitas, sistematisasi, dan justifikasi pengetahuan. Di zaman Pascamodern, epistemologi juga membahas kemampuan rasio manusia untuk memahami, dan kapasitas bahasa untuk menampung pengetahuan tentang realitas. Dari latar ini, tak sedikit interupsi filosofis di Barat yang skeptis terhadap kemampuan manusia untuk memperoleh dan menjelaskan pengetahuan tentang realitas. Hal tersebut mulai menyasar pula khazanah keilmuan Islam.

Dari pengertian tentang epistemologi di atas, Islam juga memiliki pembahasan tentang epistemologi yang terdapat di kitab-kitab fiqh, kalam/aqidah, filsafat, bahkan tasawuf. Semua berangkat dari keyakinan bahwa realitas bisa dipahami dan dijelaskan, karena Allah memang berfirman tentang Kebenaran dan Realitas melalui wahyu yang disampaikan Nabi dan dapat dipahami akal manusia. Meski hal tersebut sudah sempurna berbarengan dengan wafatnya Nabi, sistematisasi atas epistemologi Islam baru dilakukan kemudian. Imam asy-Syafi’i adalah ulama besar pertama yang membahasnya, terutama soal kaitan akal dan wahyu untuk sampai pada “pemahaman” (fiqh).

Majelis Bentala Syuhada pekan ini diisi oleh Direktur IPI Bentala, Ayub, M.A., yang menyelesaikan penelitian magisternya tentang Imam asy-Syafi’i di School of Oriental and African Studies (SOAS), University of London.

Acara ini terbuka untuk umum dan gratis.

_____

Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Instagram: @bentala.tamaddun.nusantara
> Facebook: Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Website: www.bentala.or.id
> Email: yayasan.bentala@gmail.com
> Narahubung: 082261016745 (Alam)

Dukungan bagi kegiatan ini melalui donasi dapat disalurkan ke rekening di bawah ini:

0853781775 BNI Syariah a.n Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara

Konfirmasi:
+62 852-3679-8989 (Arwyn)

Format:
Nama_domisili_tanggal transfer_nominal (lampirkan foto bukti transfer)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.