Majelis Bentala Syuhada

MBS 21 Desember 2019 – Islam dan Pengembangan Ilmu Fisika

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Institut Pemikiran Islam (IPI) Bentala dan Pendidikan Kader Masjid Syuhada (PKMS) mengundang saudara dan saudari menghadiri Majelis Bentala Syuhada (MBS) #8.

Pembicara: Aldy Pradhana, S.Si. (Direktur Pesantren Mahasiswa Bentala Insan Adabi [PEMBINA])
Tema: Islam dan Pengembangan Ilmu Fisika
Waktu: Sabtu, 21 Desember 2019
Tempat: Aula Masjid Syuhada, Kota Baru, Yogyakarta

Pengantar :
Kemajuan sains dan teknologi senantiasa berasaskan penemuan-penemuan penting di bidang fisika. Sebagai cabang ilmu alam yang mengkaji fenomena fisik/material, fisika memang menyediakan rumus yang membuat kita memahami setiap fenomena dengan lebih baik dibandingkan sebelumnya –baik sebelum mempelajari fisika bagi orang awam, maupun sebelum memperbarui wawasan tentang temuan terkini, bagi para fisikawan. Alam tabi’i tampil kepada kita dengan amat menakjubkan karena kerumitan, sifat, dan perubahannya.

Tetapi kondisi-kondisi itu hanyalah salah satu wajah dari fisika sebagai ilmu. Wajahnya yang lain adalah sekumpulan asumsi tentang alam, materialitas, kausalitas, dan lain sebagainya. Di sini terletak pelbagai pandangan tentang apa yang benar dan apa yang nyata. Ketika sekularisasi telah memisahkan kebenaran dan kenyataan dari penjelasan ilahiah, kemudian menyempitkannya pada realitas yang terukur dan terujikan saja, fisika serta-merta menjadi disiplin ilmu yang sarat dengan pandangan hidup tertentu.

Bagaimana pandangan-hidup Islam menganalisis kondisi ilmu fisika yang seperti ini? Apa sumbangsih ke depan yang bisa diberikan Islam pada pengembangan ilmu fisika? Majelis Bentala Syuhada pekan ini membahas tema tersebut bersama Direktur Pesantren Mahasiswa Bentala Insan Adabi (PEMBINA), Aldy Pradhana. Aldy adalah mantan ketua Jama’ah Shalahuddin yang menyelesaikan pendidikan di jurusan Fisika UGM dan Program Kaderisasi Ulama (PKU) Gontor, dan kini tengah menempuh pendidikan magister jurusan Ilmu Filsafat, UGM.

Acara ini terbuka untuk umum dan gratis.

_____

Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Instagram: @bentala.tamaddun.nusantara
> Facebook: Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Website: www.bentala.or.id
> Email: yayasan.bentala@gmail.com
> Narahubung: 082261016745 (Alam)

Dukungan bagi kegiatan ini melalui donasi dapat disalurkan ke rekening di bawah ini:

0853781775 BNI Syariah a.n Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara

Konfirmasi:
+62 852-3679-8989 (Arwyn)

Format:
Nama_domisili_tanggal transfer_nominal (lampirkan foto bukti transfer)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.