Lokakarya How to Read a Book

Pesantren Mahasiswa Bentala Insan Adabi (PEMBINA) dan Perpustakaan Baitul Hikmah (PBH) mengundang saudara dan saudari menghadiri:

Lokakarya How to Read a Book

Bersama:
Andrianor (Santri PEMBINA)
Achmad Resa (Pengurus PEMBINA)

Waktu:
Sabtu, 25 Februari2023 (Pukul 08.30-10.00 dan 10.15-11.30)
Ahad, 26 Februari 2023 (Pukul 08.30-10.00 dan 16.00-17.15)

Tempat: Perpustakaan Baitul Hikmah, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Iuran: Rp 100.000,00
Transfer ke BSI 8537817750 a.n Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara

Fasilitas: E-book materi, kudapan, dan makan siang

Pendaftaran: bit.ly/mendaftarHTRAB (sertakan bukti transfer)

Pengantar:
Di tahun 1940, filsuf Amerika Serikat Mortimer J. Adler menulis buku How to Read a Book, berdasarkan keresahannya pada masyarakat selepas mereka lulus dari sekolah dasar saat itu. Mereka memiliki bekal membaca setelah kelulusannya, tetapi kemampuan ini masih sebatas membaca ‘rangkaian huruf’ atau yang disebut Adler elementary reading (membaca tingkat dasar). Hal yang sangat disayangkannya adalah kemampuan tersebut masih bertahan pada murid sekolah menengah bahkan perguruan tinggi. Lewat How to Read a Book, Adler hendak mengatasi masalah ini agar masyarakat tak hanya pandai membaca rangkaian huruf, melainkan juga menangkap makna di balik rangkaian huruf dalam sebuah buku.

Setelah berlalu lebih dari 8 dasawarsa sejak pertama kali terbit, buku ini masih menunjukkan relevansinya, baik di AS maupun di negeri kita. Mutu dan ketahanan membaca yang kian payah di tengah masyarakat harus segera dibenahi kalau kita tak ingin terpuruk secara budaya. Sebagai ikhtiar untuk mengatasi permasalahan tersebut, PEMBINA dan PBH menyelenggarakan Lokakarya How to Read a Book. Kegiatan ini akan dipandu oleh Achmad Resa (Pengurus PEMBINA), dan Andrianor (Santri Kalong PEMBINA). Keduanya adalah alumni dari kelas How to Read a Book yang diadakan oleh Lubukata, toko buku berkurasi dan komunitas literasi yang berada di Depok dan Bandar Lampung.

Acara ini terbuka untuk umum. Kuota peserta 20 orang.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.