Zakiah Daradjat tentang Kesehatan Jiwa #MBS

Pesantren Mahasiswa Bentala Insan Adabi (PEMBINA) dan Pendidikan Kader Masjid Syuhada (PKMS) mengundang saudara dan saudari menghadiri Majelis Bentala Syuhada (MBS) #83 Edisi Ragam Pemikiran Islam di Awal Indonesia Modern.

Tema: Zakiah Daradjat tentang Kesehatan Jiwa

Pembicara: Kusuma Wijaya Paputungan (Behavioral scientist)

Waktu: Sabtu, 18 Februari 2023, Pukul 20:00-21:45 WIB

Tempat: Perpustakaan Baitul Hikmah Universitas Gadjah Mada

Pengantar:
Selepas berkuliah di Universitas ‘Ain Syams, Mesir, Zakiah Daradjat memperkenalkan istilah “ilmu jiwa agama” kepada masyarakat kita. Salah satu bukunya secara eksplisit menggunakan judul itu, sementara pembahasan di buku-bukunya yang lain merentang dengan pembahasan yang menjadi turunan “ilmu jiwa agama”, seperti soal kesehatan jiwa dan pendidikan Islam. Capaian ini mencatatnya sebagai ulama perempuan dan akademisi produktif pada masanya, yang patut menjadi teladan masa sekarang.

Hal yang menarik untuk ditelaah lebih jauh adalah konteks penulisan karya-karya itu: baik di Indonesia, Mesir, dan dunia Islam lain, kita tengah berhadapan dengan disiplin psikologi modern yang memberi gambaran dan analisis tentang “jiwa” manusia, tetapi dengan beberapa perbedaan asasi jika diperbandingkan dengan konsep manusia dalam Islam. Dalam Majelis Bentala Syuhada pekan ini, kita akan membahas bagaimana Ibu Zakiah menghadapi persoalan tersebut, bersama salah seorang behavioral scientist, Kusumawijaya Paputungan. Beliau menempuh pendidikan psikologi profesinya di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan sejak lama terlibat dalam forum-forum psikologi Islam, baik di Indonesia maupun mancanegara.


Acara ini gratis dan terbuka untuk umum.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.