William A. Barbieri tentang Bentuk-bentuk Pos-Sekularitas #MBS

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Institut Pemikiran Islam (IPI) Bentala dan Pendidikan Kader Masjid Syuhada (PKMS) mengundang saudara dan saudari menghadiri Majelis Bentala Syuhada:

Pembicara: Ismail Al-‘Alam, S.Fil.
Tema: William A. Barbieri tentang Bentuk-bentuk Pos-Sekularitas
Waktu: Sabtu, 9 November 2019
Tempat: Aula Masjid Syuhada, Kota Baru-Yogyakarta

Pengantar:
Sejak awal abad 20, tesis sekularisasi dipercaya oleh banyak sarjana Barat sebagai penjelasan bagi laju sejarah. Pergaulan global akan membuat masyarakat dunia menjadi semakin rasional dan mengalami sekularisasi, sehingga menuju satu identitas bernama “modern”. Identitas lama yang berkaitan dengan agama dan kebudayaan perlahan akan pudar.

Tetapi tesis tersebut banyak terbantahkan secara konseptual dan empiris. Kaum beragama justru semakin tampil ke ruang publik dalam pelbagai ekspresinya, dari mulai pelayanan sosial, aspirasi politik, sampai ekstrimisme kekerasan. Filsuf kontemporer, Jürgen Habermas, mengusulkan pos-sekularisme, yakni paham tentang ruang publik baru di mana kalangan sekular mau membuka diri untuk berdialog dengan kaum beragama, demikian sebaliknya, supaya potensi modernitas di dalam ajaran agama juga tereksplisitkan. Filsuf lain, William A. Barbieri, lantas menemukan bahwa gejala pos-sekularitas mulai terlihat juga di tengah masyarakat Barat, dari mulai filsuf sampai ke masyarakat. Ia lalu menemukan 6 bentuk dari pos-sekularitas.

Majelis Bentala Syuhada pekan ini akan membahas pembacaan Barbieri tentang bentuk-bentuk pos-sekularitas bersama Manajer Program Yayasan Bentala Tamaddun, Ismail Al-‘Alam, yang menyelesaikan pendidikan filsafatnya di Universitas Paramadina.

Acara ini terbuka untuk umum dan gratis.

_________

Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Instagram: @bentala.tamaddun.nusantara
> Facebook: Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara
> Website: www.bentala.or.id
> Email: [email protected]
> Narahubung: +62 857-4948-1474 (Satrio)

Dukungan bagi kegiatan ini melalui donasi dapat disalurkan ke rekening di bawah ini:

0853781775 BNI Syariah a.n Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara

Konfirmasi: +62 852-3679-8989 (Arwyn)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.