Sejarah Bentala

Sejarah

Yayasan Bentala Tamaddun Nusantara adalah pelembagaan gagasan dan cita-cita beberapa alumni Program Kaderisasi Ulama (PKU) Gontor asal Yogyakarta.

Gagasan pembentukan asrama mahasiswa sudah dicanangkan sejak 2016, tetapi dinamika yang ada membuatnya baru terlaksana di tahun 2019 ini dengan keluarnya S.K. Kemenkumham AHU 0012361.AH.01.04.Tahun 2019.

Selain alumni PKU, yayasan ini juga beranggotakan pengkaji pemikiran Islam dari Yogyakarta dan Jakarta (struktur lengkap lihat struktur yayasan). Peresmian yayasan kami ditandai dengan Tasyakuran Bentala di aula Masjid Syuhada. Dalam tasyakuran yang dihadiri mahasiswa, aktivis, dan peminat kajian Islam lain, kami mempresentasikan profil yayasan (unduh: Presentasi Bentala) serta kedua bidang yakni Institut Pemikiran Islam (IPI) Bentala (unduh: Presentasi IPI) dan Pesantren Mahasiswa Bentala Insan Adabi (unduh: Presentasi PEMBINA).

Acara puncak tasyakuran ini adalah pidato kebudayaan (unduh: Pidato Kebudayaan) yang akan menjadi kegiatan tahunan kami setiap memperingati milad yayasan, sekaligus suatu refleksi atas persoalan keilmuan dan keumatan dari sudut pandang kami. Kami menggambarkan yayasan ini sebagai yayasan untuk pengkajian, penelitian, dan pendidikan kajian Islam. Kami tergugah menjalankan dan mengembangkan yayasan ini di Yogyakarta, tempat pelbagai gagasan tersaji untuk diperbincangkan setajam apapun dengan tetap menjunjung rasa kekeluargaan.

Kerja keras kami, dukungan Anda, dan tentu saja pertolongan dan keridhaan Allah, semoga bisa mewujudkan gagasan dan cita-cita besar ini.

“Kami tergugah menjalankan dan mengembangkan yayasan ini di Yogyakarta, tempat pelbagai gagasan tersaji untuk diperbincangkan setajam apapun dengan tetap menjunjung rasa kekeluargaan.”